Jumat, 06 Januari 2012

Hal Menarik Yang Dapat Kita Peroleh Dari Bangku Perkuliahan

Kuliah Itu Mencari Apa Sih Sebenarnya? ilmu, gelar atau hanya secarik ijazah yang kita dapatkan untuk mendukung karir kita?. Itulah pertanyaan yang sering muncul dalam benak saya ketika mencoba untuk merefleksi tujuan yang ingin saya capai selagi masih duduk dibangku kuliah, memang hal tersebut sudah pasti kita dapatkan namun sesungguhnya ada hal lain yang bisa kita peroleh tanpa kita sadari antara lain Pengetahuan (knowledge), Keterampilan (skill), Teknik (technique), Sikap (attitude), dan yang tak kalah pentingnya adalah Pengalaman (experience). Jika kita sadar dan memanfaatkan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya maka kita akan menjadi Mahasiswa yang sukses didunia kampus maupun di masyarakat.

Pengetahuan (knowledge) merupakan suatu hal yang pasti kita dapatkan dan bisa kita lihat dengan kasat mata melalui kegiatan transformasi ilmu yang dilakukan antara dosen dengan mahasiswanya, banyak cara yang biasa dipakai oleh para dosen didalam melakukan transformasi ilmu tergantung dosen yang bersangkutan dan pengalamannya didalam mngajar. Hal yang sering dilakukan bisanya melalui kegiatan diskusi dan presentasi baik kelompok maupun individu dalam membahas suatu topik permasalahan didalam mata kuliah yang sedang ditempuh dan kegiatan yang semacam ini tentu dapat melatih mahasiswa untuk aktif berbicara dan menyampaikan sebuah informasi kepada orang banyak dengan baik.

Keterampilan (skill) merupakan sebuah hal yang wajib untuk dimiliki setiap orang namun berbeda-beda cara mendapatkan dan menerapkannya, jika kita selaku mahasiswa tentu cara mendapatkan atau mengasah keterampilan tersebut tentu dengan rajin mengerjakan tugas yang diberikan oleh para dosen sehingga kita menjadi terbiasa untuk mengerjakan hal-hal yang mungkin belum kita alami secara nyata namun setidaknya dengan kita sering mengerjakan tugas-tugas itu secara tidak langsung akan melatih pola pikir kita dalam mengatasi suatu permasalahan. Keterampilan yang kita dapatkan tentu tidak jauh dari program studi yang kita ambil sehingga kita tidak kesulitan menentukan gambaran tentang aktifitas pasca kuliah karena kita sudah yakin dengan kemanpuan dan keterampilan yang sudah kita asah sejak duduk dibangku kuliah.

Teknik (technique) adalah sebuah metode atau cara yang kita pakai dalam menyelesaikan suatu permasalahan, tentu hal ini sangat berkaitan erat dengan keerampilan yang kita miliki. Setiap orang pasti mempunyai cara pandang dan solusi pemecahan masalah yang sedang membelitnya karena mereka mempunya informasi baik dari pengalaman pribadi atau pengalaman orang lain dan teknik pemecahan masalahnya sehingga teknik yang dipakai berbeda-beda tergantung kondisi dan cara memandang suatu permasalahannya. Misalnya saja teknik yang dipakai seorang mahasiswa teknik dengan mahasiswa ekonomi akan berbeda dalam mengatasi sebuah permasalahan komputer error, orang teknik akan berfikir untuk memecahkan masalah yang harus dilakukan adalah mengecek kondisi komputernya dan memperbaiki yang perlu diperbaiki, namun berbeda dengan orang ekonomi mereka akan berfikir untuk menyelesaikan masalahnya adalah dengan membawa ke tukang servis yang dianggap lebih praktis.

Sikap (attitude) yang ditunjukkan oleh seorang yang memiliki tingkat pendidikan yang cukup tinggi akan berbeda dengan yang tingkat pendidikannya biasa-biasa saja karena kebiasaan yang dijalani tentu saja berbeda. Seseorang yang tingkat pendidikannya cukup tinggi tentu kebiasaannya atau cara bergaulnya berbeda, pergaulannya berbeda, dan rekan serta tempat bergaulnya berbeda juga dan hal itu yang membentuk karakter sikap yang dimiliki oleh seseorang dalam memperlakukan orang lain tentu dari kebiasaannya tersebut. Hal lain mengenai sikap seseorang adalah cara mengatasi masalah tentu orang yang tingkat pendidikannya tinggi dalam menyelesaikan suatu permasalahan akan menganalisis dulu pokok permasalahannya sehingga tidak terjadi hal yang justru akan memperkeruh permasalahan jika salah dengan sikap dalam menanganinya, berbeda dengan orang yang tingkat pendidikannya biasa-biasa saja mereka pasti berfikir tidak terlalu jauh dengan mencari pokok permasalahannya sehingga yang terjadi malah permasalahannya malah semakin rumit.

Pengalaman (experience) merupakan hal yang paling berharga dalam hidup setiap manusia, karena pengalaman dapat memperkaya informasi bagi yang memilikinya. Pengalaman yang menarik dan tidak semua orang bisa dapatkan adalah pengalaman menikmati masa kuliah, bergaul dengan rekan-rekan dari berbagai tempat asal dan mentransformasikan informasi mengenai hal-hal yang ada didaerah masing-masing, sehingga kita menjadi lebih paham tentang karakteristik masing-masing daerah dan semakin sadar akan keaneka ragaman budaya Negeri kita. Mungkin dulu waktu kita masih duduk dibangku sekolah kita hanya sekedar mendengar cerita dari buku bacaan tentang kenekaragaman budaya dan tentu saja kita akan berfikir apakah benar cerita itu tanpa kita melihatnya secara langsung, dengan kita kuliah maka kita akan saling mengenal dan mengetahui secara langsung dan lebih detail tentang masing-masing daerah dan itu merupakan suatu pengalaman yang sangat berharga dan mungkin tidak semua orang bisa menikmatinya.

Sekian tulisan kecil mengenai hal yang dapat kita peroleh dari bangku perkuliahan, semoga semua bisa menikmatinya dan merasakan apa yang sebenarnya bisa kita dapatkan dari bangku kuliah. wassalam...

0 Pesan:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 
Bukan KPK Bukan KPK Bukan KPK Bukan KPK Arek IT

Copyright © 2012. Coretan Sunthree - All Rights Reserved, Monitored By Blog Copy B-Seo Versi 3 by Bamz