Jumat, 27 Januari 2012

Alay : Definisi, Ciri-Ciri dan Tingkatannya

Alay adalah sebuah istilah yang merujuk pada sebuah fenomena perilaku remaja di Indonesia. "Alay" merupakan singkatan dari "anak layangan", istilah ini merupakan stereotipe yang menggambarkan gaya hidup norak atau kampungan, selain itu alay merujuk pada gaya yang dianggap berlebihan dan selalu berusaha menarik perhatian. Seseorang yang dikategorikan alay umumnya memiliki perilaku unik dalam hal bahasa dan gaya hidup, dalam gaya bahasa, terutama bahasa tulis, alay merujuk pada kesenangan remaja menggabungkan huruf besar-huruf kecil, menggabungkan huruf dengan angka dan simbol, atau menyingkat secara berlebihan. Bahasa alay atau yang biasa disebut sebagai bahasa “anak layangan“ merupakan bahasa yang sering dipakai anak muda masa kini. Sebenarnya penggunaan kata anak muda saat ini dirasa kurang pas karena penggunaan bahasa alay ini marak dipopulerkan oleh anak-anak ABG (anak baru gede) seumuran SMP maupun SMU yang masih dalam masa transisi dari anak-anak menuju dewasa.

Bahasa alay sangat tidak lazim bagi orang-orang sehat dan normal seperti kita (Maaf kalau menyinggung perasaan, mungkin anda yang membaca tulisan ini termasuk dalam kategori anak alay). Seperti contohnya :
“heii , lamb knall yupz ! nmAquw Gneshaa . . !”
“l3h knl n mnt n0 hp 9 bwt nmbh tm3n”
“U 9Hy D! HuMZzZ. . . ???”

Anak ABG selalu berhasil menciptakan sebuah image baru mengenai dirinya walaupun hal tersebut banyak menabrak rambu-rambu yang telah ada, tidak terkecuali dengan bahasa alay ini yang menggabungkan huruf dengan angka, memperpanjang atau memperpendek pemakaian huruf atau memvariasi huruf besar dan kecil membentuk sebuah kata dan kalimat. Bagi kita yang masih berinteraksi dengan anak-anak ABG (baca = alay) tersebut, tentunya akan sangat menyusahkan bila mereka menuliskan pesan (SMS/email misalnya) kepada kita, tak jarang kita tidak akan tahu apa maksudnya.

Ciri-ciri alay sebagai berikut, apabila kamu merasa seperti itu segeralah merubah sikapmu supaya kamu tidak di cap alay !

A) Tingkatan Paling Rendah :
1. Nulis kata disingkat, seperti "lagi apa?" gi pha?? atau bosen banget jadi "bsen bgd nh"
2. Memakai simbol tambahan. "p@ k@bar L0e??" atau "~hha..~ y nh.. lg bosen~"
3. Menggunakan huruf Z dibelakang kata. "mlz bgtz!" atau "gurunya malezin yh"
4. Comment orang dengan minta balasan kaya "repp iah!" / "blz dum" / "reply dsini iiaaa"
5. Layoutnya yang super rame bahkan berfotmat gif (gerak) dengan warna ngejrenk pinkk dan font-nya aneh

B) Tingkat Rendah
1. Aboutme panjaaaang banget dengan gambar dari myspace yang gajelas pake isi gr-gr an kaya "aq tuh.... cntik.... lucu.... punya cowo ganteng..." zzz dan sebagainyalah lo tau kan
2. Penggantian kata gue / gw / gua = w, lo / lu = lw / loe. dong = dumzz / dwunhh
3. Foto serba diediiiiit abis apalagi yang editnya emo emo pake tulisan gothic gitu
4. Mediabox dipenuhin dengan gambar

C) Tingkat Sedang
1. Mamerin kebisaan dishotout, misalnya "eh w kan menang track motor lohh.." atau "eh w les nyetir dong.." dan yang lebih oon nya "eh w makin oke dan top ya tiap hari"
2. Rusuhin comment foto, misalnya cuma dicomment "cantik deh/ganteng deh" balesnya "emg gw gnteng gtuu... y krna trlahir dh ganteng kli ya?? hha. dan kyanya..........blabalabla"
3. Nickname digabung sama nama org yang disuka dengan cara gajelas. misalnya (kalo namanya sama maaf ya) "delita saiianks si luthuu.." atau "delita cinta dya"
4. Bikin album yang isinya artis favorit mereka, contoh "kangen band khuzuz loh!!" apalagi albumnya pake dikunci, yah cape'deh !

D) Alay Tingkat Parah
1. Barang abal yang dipamerin ketemen terus dia ngaku beli di singapore, amrik dan sebagainya. "eh liat nih gue beli gelang dijerman gituloh asli kalo ga salah sih dirupiahin 500 ribu ya." padahal dia beli di itc aja!! yang 10 ribu 5
2. Tulisan besar-kecil. "aLoW kLiAnZ hArUz ADd GwE YaH!!" atau dengan angggka "K4Ng3nZ dWEcChh"
3. Minta di add di shotout, "j9n lupa ett ghw"
4. Gaya dengan bibir monyong, telunjuk nempel bibir, gaya tangan dengan oke dipinggir kepala dan foto dari atas
5. Ngepost bulbo cuma buat kasih tau dia lagi online & minta comment

Seperti halnya tren bahasa gaul yang sempat dipopulerkan oleh Deby Sahertian hingga penerbitan beberapa kamus bahasa gaulnya, bahasa alay juga memerlukan sebuah kamus atau kitab khusus untuk mengartikan bentuk tulisan agar mudah dimengerti. Berikut adalah Kamus Besar Bahasa Alay (KBBA) yang saya kumpulkan dari berbagai sumber:
Gue : W, Wa, Q, Qu, G
Aku : Akyu, Akuwh, Akku, q.
Lo/kamu : U
Rumah : Humz, Hozz
Aja : Ja, Ajj (Ajj bacanya apa ya?)
Yang : Iank/Iang, Eank/Eang (ada juga yang iiank/iiang)
Tuh : Tuwh, Tuch
Deh : Dech, Deyh
Sempat : S4
Lucu : Luthu, Uchul, Luchuw
Khusus : Khuzuz
Kalian : Klianz
Belum : Lom, Lum
Cape : Cppe, Cpeg
Kan : Khan, Kant, Kanz
Manis : Maniezt, Manies
Cakep : Ckepp
Keren : Krenz, Krent
Dulu : Duluw (Dulux aja biar bisa ngecat rumah)
Chat : C8
Tempat : T4
Add : Et, Ett (biasanya minta di add friendsternya)
Banget : Bangedh, Beud, Beut (sekalian aja baut sama obeng)
Telepon : Tilp
Ini : Iniyh, Nc
Boleh : Leh
Baru : Ru
Ya/Iya : Yupz, Ia, Iupz
Kok : KoQ, KuQ, Kog, Kug
Nih : Niyh, Niech, Nieyh
Ketawa : wkwkwk, xixixi, haghaghag, w.k.k.k.k.k., wkowkowkwo (bacanya apa coba tolong jelaskan)
Nggak : Gga, Gax, Gag, Gz
Hai : Ui (Apa Ui? Universitas Indonesia?)
SMS : ZMZ, XMX, MZ (oh god…)
Mengeluh : Hufft
Kurang : Krang, Krank (Crank?)
Tau : Taw, Tawh, Tw
Maaf : Mu’uv, Muupz, Muuv
Sorry : Cowwyy, Sowry
Siapa : Sppa, Cppa, Cpa, Spa
Kakak : Kakagg
Lagi : Ghiy, Ghiey, Gi
Apa : Pa, PPa (PPa ???)
Tapi : PPi
Kenal : Nal (buset irit karakter banget)
Buat : Wat, Wad
Cewek : Cwekz
Cowok : Cwokz
Bokep : Bokebb
Sih : Siech, Sieyh, Ciyh (nggak sekalian aja Syekh Puji)
Nya, contoh : misalnya, jadi misalna, misal’a, misal.a
Imut : Imoetz, Mutz
Loh : Loch, Lochkz, Lochx
Gitu : Gtw, Gitchu, Gituw
Salam : Lam
Karena/Soalnya : Coz, Cz
Masuk : Suk, Mzuk, Mzug, Mzugg
Punya : Pya, P’y
Pasti : Pzt
Anak : Nax, Anx, Naq (ko-naq?)
Cuekin : Cuxin
Curhat : Cvrht
Main : Men
Paling : Plink, P’ling
Love : Luph, Luff, Loupz, Louphh
Makan : Mumz, Mamz
Yuk : Yuq, Yuqz, Yukz
Terus : Rus, Tyuz, Tyz
Tiap : Tyap
Dong : Dumz, Dum (apa Dumolit?)
Reply : Repp (ini yang paling sering ditemukan di dunia maya)
Halo : Alow (menurut kalian, apakah kita teletubbies?)
Sayang : Saiank, Saiang
Kalau : Kaluw, Klw, Low (oh maann…)
Setiap : Styp
Lupa : Lupz
Udah : Dagh
Kamu : Kamuh, Kamyu, Qmu, Kamuwh

Bagi anda yang masih alay atau mungkin mantan alay anda bisa menambahkan atau membetulkan kata atau kalimat yang kurang di atas, mohon maaf jika terjadi banyak kesalahan dalam penulisan contoh kalimatnya karena saya tidak alay dan bukan mantan alay.

3 Pesan:

Anonim mengatakan...

Kamu alay kamu alay kamu alay kamu alay kamu alay kamu alay

Anonim mengatakan...

ijin copas KBBA nya wkwwkwk
buat ngaasih tau orang supaya jangan alay

Unknown mengatakan...

hahaha, thanks atas informasi nya😄

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Coretan Sunthree - All Rights Reserved, Monitored By Blog Copy B-Seo Versi 3 by Bamz