Jumat, 20 Januari 2012

Perbedaan Kuliah Diploma Dan Strata

Bagi teman-teman yang baru lulus SMA dan memiliki minat untuk melanjutkan perguruan tinggi terdapat beberapa hal yang harus dipikirkan dengan matang mulai dari memilih jurusan, perguruan tinggi, dan jenjang yang akan ditempuh. Dalam hal ini jenjang yang perlu dipertimbangkan adalah diploma atau sarjana, untuk Diploma sendiri memiliki beberapa level yakni Diploma I (D1), Diploma II (D2), dan Diploma III (D3). Sarjana lebih dikenal dengan Strata 1 (S1) atau Sarjana Sains Terapan (S.ST) untuk lulusan Diploma IV (D4).  Tentunya, setiap individu memiliki berbagai pertimbangan logis untuk menentukan pilihan diploma atau sarjana. Dalam hal ini, tidak berlaku penilaian “lebih baik” atau “lebih buruk”. Tidak juga berlaku penilaian “salah” atau “benar”. Setiap pilihan bergantung situasi dan kondisi seseorang.

Adapun perbedaan antara diploma dan sarjana adalah sebagai berikut, sarjana (dari bahasa Sansekerta, dalam bahasa Inggris bachelor) adalah gelar akademik yang diberikan kepada lulusan program pendidikan strata (S1) atau undergraduate. Untuk mendapatkan gelar sarjana secara normatif dibutuhkan waktu selama 4 (empat) sampai 6 (enam) tahun, tapi ada juga yang menyelesaikannya dalam 2 (dua) tahun ataupun lebih dari 6 (enam) tahun. Hal tersebut tergantung dari kebijakan dari perguruan tinggi yang ditetapkan. Karya ilmiah yang diwajibkan dan merupakan persyaratan untuk memperoleh gelar sarjana dinamakan dengan skripsi. Diploma adalah sebuah sertifikat atau akta yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan, seperti universitas, yang menerangkan bahwa penerima telah menyelesaikan program studi tertentu, atau menganugerahkan suatu gelar akademik dengan jangka waktu dan bobot yang lebih pendek dari Sarjana contohnya D1 (Diploma-1) masa kuliahnya 1 tahun, D2 (Diploma-2) masa kuliahnya 2 tahun, dan D3 (Diploma-3) masa kuliahnya 3 Tahun, untuk mendapatkan gelar studinya maka harus menyelesaikan karya ilmiah yang disebut Tugas Akhir sebagai persyaratannya.

Secara umum perbedaan Diploma dan Sarjana adalah kurikulumnya, Diploma memiliki bobot studi 60% praktek dan 40% teori, sebaliknya Sarjana memiliki bobot studi 40% Praktek dan 60% teori. Dengan penyusunan kurikulum yang seperti ini diharapkan lulusan Diploma ini akan siap untuk bekerja, sedangkan lulusan Sarjana diarahkan ke bidang riset dan disiapkan untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi sampai jenjang akademis Doktor, sama halnya dengan SMA dan SMK.

Program diploma memiliki beberapa karakteristik seperti :
- Mata kuliahnya bertujuan memberikan skill/vokasional
- Masa studi 1 tahun (D1), 2 tahun (D2) dan 3 tahun (D3)
- Membekali praktik lebih banyak
- Tugas akhir berupa kerja praktik dan laporan
- Melahirkan tenaga terampil berkualifikasi pendidikan tinggi formal ke dunia usaha/industri
- Bergelar Ahli Pratama/A.P. (D1), Ahli Muda/A.Ma (D2) atau Ahli Madya/A.Md. (D3)

Bagi yang memutuskan pilihan sarjana terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan, misalnya :
- Masa studi berkisar 3,5 sampai 5 tahun.
- Mendapatkan pendalaman teori yang kuat
- Memiliki kemampuan riset dan analisis mendalam
- Peluang mengikuti organisasi internal dan eksternal kampus lebih luas
- Mendapatkan kesempatan magang di institutusi (perusahaan/pemerintahan/LSM)
- Beberapa perguruan tinggi mewajibkan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
- Tugas akhir berupa skripsi
- Bergelar sarjana sesudah lulus

15 Pesan:

Cheng Prudjung mengatakan...

infonya bermanfaat,,, kl ada mahasiswa S1 yg kuliahnya 7 tahun namanya apa dong n jenjangnya disebut apa ????
\DO yah/

Muhammad Falikhin mengatakan...

Kalau masih 7 tahun masih belum DO tapi kalau masuk ke semester yang selanjutnya tetap masih berstatus Mahasiswa tapi reinkarnasi menjadi maba dengan NIM terbarunya. :-) he..he...he..

Anonim mengatakan...

maaf, mau nanya,
kalau udah lulus diploma, bisa lanjut kuliah lagi ga? terus nanti gimana mekanisme nya? apa bisa lgsgke S2?

Muhammad Falikhin mengatakan...

Kalau Diploma bisa saja lanjut/transfer ke S1 tetapi tergantung dimana tempat melanjutkan studi tersebut karena ada beberapa Universitas yang menerima transfer/alih jenjang dari Diploma dan banyak juga yang tidak bisa alias harus ulang dari semester awal. Kalau langsung S2 gak bisa karena harus menyelesaikan studi S1 dulu sebelum lanjut studi ke S2.

Sanda Bol mengatakan...

sekarang juga udah ada diploma 4...gelarnya sarjana sains terapan....

Tria Winda mengatakan...

Saya mau tanya, kalau pngen ngambil jurusan matematika pendidikan atau PGSD berarti harus ngambil S1 ya?

Akmal Hakim mengatakan...

kalau mau jadi pengajar, mending ngambil s1 aja deh

Muhamad Akbar Bin Widayat mengatakan...

terimakasih penjelasannya.

ini sangat bermanfaat.

Hadi Ikrima mengatakan...

Saya mau tanya, brapa lama transfer d3 ke s1 ?

James Marboen mengatakan...

klo mau melamar kerja yg menerima D2 tp pakai hasil semester 4 (D3) apakah bisa ??

ary priambodo mengatakan...

terus bedanya D4 sama S1 apa ya? hahah

Unknown mengatakan...

Mau kerjasama untuk mndirikan pend.profesi

ARIEF RAHMAN mengatakan...

Mau kerjasama untuk mndirikan pend.profesi

ibrahim Okti Hanisoh mengatakan...

Klo lulusn d3 keuangn trus pngin lnjut kulyh ke pndidkn,kira2 bsa dipersingkt ga?

asep ridwan mengatakan...

Maaf mau tanya...
Apa bena yg ambil D3 itu bisa ganti'' jurusannya...
Misalnya akuntansi untuk D1
Dan informatika untuk D2 dan D3 nya.... .. apa bner bisa ya... ?
Thanks... :)

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Coretan Sunthree - All Rights Reserved, Monitored By Blog Copy B-Seo Versi 3 by Bamz