Minggu, 01 Januari 2012

Organisasi Sebagai Media Menempa Diri

Organisasi adalah tempat kita berproses dan menimba pengetahuan dan pengalaman diluar jam kuliah. Banyak hal yang dapat kita peroleh darisana asalkan kita mau berusaha untuk mendapatkannya, teringat kata salah seorang teman tentang organisasi dia berkata “organisasi itu hanyalah sebuah gentong atau wadah yang tidak akan memberikan apapun jika kita tidak berbuat apapun untuk organisasi itu”, hal itu benar adanya, karena didalam sebuah organisasi jika anggota organisasi tersebut tidak berbuat apa-apa atau tidak melakukan kegiatan apapun maka organisasi tersebut hanya merupakan sebuah pemondokan yang isinya hanya orang-orang tanpa tujuan dan hanya sekedar berkumpul dan bergembira-ria dengan aktivitas yang tidak bermakna.

Terkadang kita terjebak dalam memaknai kata “tujuan”, tujuan suatu organisasi saya rasa sudah jelas pasti tidak lepas dari proses belajar sesuatu yang tidak dapat kita peroleh dengan detail dalam bangku kuliah. Banyak pengetahuan yang dapat kita peroleh diluar pengetahuan yang bersifat fakultatif, kita bisa belajar tentang apa saja yang ingin kita pelajari dari teman-teman yang memiliki pengetahuan lebih jauh dari kita dan pengetahuan itu akan kita peroleh dengan cuma-cuma jika kita aktif berorganisasi. Akan tetapi disisi lain kita juga harus mau berbagi pengetahuan kita kepada teman-teman yang lain sebagai wujud “terima kasih” kita kepada organisasi karena kita telah menerima apa yang kita inginkan dan kita harus kasih atau lebih tepatnya berbagi apa yang kita punya, maka akan terjadi dinamisasi dalam perjalanan suatu organisasi tersebut.

Didalam suatu organisasi pasti tidak akan lepas dari suatu “kepentingan” baik kepentingan pribadi maupun organisasi, akan tetapi kita jangan sampai terjebak dengan kata itu. Dalam perjalanan suatu organisasi terkadang kita terjebak kedalam wilayah itu dan kita akan melakukan hal-hal semacam pembelaan terhadap kelompok kita tanpa memandang apa pokok permasalahannya dan darimana awal permasalahan itu, hal tersebut yang membuat kita kerdil karena cara berfikir kita akan terkotak-kotak pada wilayah kepentingan kelompok. Jika saja kita mau berfikir cerdas dan dewasa maka kita akan memperoleh banyak teman dari berbagai background organisasi dan hal itu yang membuat kita semakin berkembang karena akan memperoleh banyak masukan dari berbagai cara pandang dan persepsi dari masing-masing orang.

Suatu organisasi pastinya akan ada proses regenerasi yang akan membuat organisasi tersebut terus eksis, didalam proses itu kita sebagai anggota suatu organisasi dituntut untuk mampu mengkader dan memberikan pemahaman tentang organisasi dan apa saja yang berhubungan dengan organisasi tersebut. Akan tetapi terkadang kita terjebak pada kondisi yang membuat kita selaku anggota maupun pengurus organisasi untuk melakukan kegiatan yang sama dengan pengurus yang sebelumnya dan hal semacam ini seharusnya membuahkan hasil yang lebih bagus dari yang sebelumnya. Dalam kondisi tertentu terkadang kita menjalankan organisasi dengan bekal dari pengurus yang lalu dan segala cara yang pernah diajarkan hal itu tidaklah cukup membuat kita menjadi orang yang mengerti akan organisasi tersebut, oleh karena itu proses belajar dan terus belajar adalah cara yang paling tepat untuk membuat kita menjadi orang yang lebih mengerti jika tidak kita akan terjebak dalam rantai regenerasi yang menjadikan kita hanya sebatas perpanjangan tangan dari pengurus sebelumnya.

Baca juga artikel terkait : pantaskah-kita-disebut-mahasiswa dan lintas-sejarah-kondisi-kekinian

0 Pesan:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 
Bukan KPK Bukan KPK Bukan KPK Bukan KPK Arek IT

Copyright © 2012. Coretan Sunthree - All Rights Reserved, Monitored By Blog Copy B-Seo Versi 3 by Bamz